11 Cara Membuat Anak menjadi Pintar, Cerdas dan Kreatif sejak Usia Dini

Diposting pada

Cara Membuat Anak Menjadi Pintar, Cerdas dan Kreatif CerdasPintar.Com ~ Semua orang tua pastilah ingin mendidik dan menjadikan anaknya menjadi anak yang pintar dan cerdas. Sebab anak  yang  pintar dan cerdas bisa menjadikan suatu hal yang membanggakan bagi orang tua.

Orang tua pasti akan melakukan berbagai hal untuk menjadikan anaknya menjadi anak yang pintar, cerdas dan berprestasi. Dan harapan orang tua dengan anaknya mempunyai kecerdasan dan prestasi yang menonjol, kelak dewasa bisa menjadi orang yang sukses.

Anak yang pintar bukan hanya cerdas  mengetahui dan dapat memberikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan, namun juga merupakan seorang anak berbakat yang bisa dan mampu memahami suatu materi atau permasalahan secara mendalam.

Suatu tantangan tersendiri buat orang tua, keluarga dan para guru untuk menjadikan anak-anak menjadi pintar dan cerdas. Dan apa saja cara-cara yang menjadikan seorang anak menjadi pintar dan cerdas?

Cara Membuat Anak Menjadi Pintar, Cerdas dan Kreatif 

Berikut ini beberapa tips dan cara untuk mendukung menjadikan anak yang pintar dan cerdas sejak usia dini yang bunda bisa lakukan

1. Berilah nutrisi yang baik dan seimbang

Berdasarkan penelitian, pertumbuhan otak anak yang berkembang pesat dimulai sejak lahir sampai anak berumur 4 tahun. Asupan nutrisi yang seimbang yang di konsumsi anak akan mempengaruhi perkembangan otaknya. Selain itu sarapan setiap pagi juga sangat penting karena anak akan lebih fokus dan mampu mengingat dengan lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak pernah sarapan. Nutrisi dari makanan yang sehat, seperti ikan, kacang-kacangan, oat, telur, buah, biji-bijian utuh dan sayuran bisa memberikan pengaruh yang bagus untuk kemampuan fokus dan kognitif anak.

2. Kenalilah gaya belajar anak

Setiap anak pasti punya cara belajar yang berbeda-beda. Orang tua maupun guru harus dapat mengenali gaya belajarnya anaknya, agar bisa membantu membimbing anak belajar dan memahami informasi dengan lebih baik. Secara umum, ada tiga macam gaya belajar, yaitu auditorik, visual dan fisik.

Gaya belajar secara auditorik, bisa lebih cepat belajar melalui indera pendengaran, contohnya mendengarkan penjelasa guru atau orang tua. Gaya belajar visual adalah menyerap informasi dengan melihat gambar maupun membaca buku. Gaya belajar fisik butuh memperagakan ataupun menyentuh agar bisa dan mengerti konsep-konsep yang baru.

3. Ajari membaca anak sejak dini

Mendongeng maupun membacakan buku cerita untuk anak dapat merangsang tumbuh kembang otak anak, maka bisa menjadikan kemampuan kognitif dan berbahasa menjadi lebih baik. Para peniliti mengatakan, bahwa anak yang sudah bisa membaca pada usia prasekolah akan memiliki kemampuan membaca yang lebih bagus ketika masuk sekolah.

4. Proses pembelajaran yang harus dihargai

Anak-anak yang mempunyai orang tua yang selalu menghargai usaha belajarnya, pasti akan mendapatkan nilai yang lebih baik disekolah. Selain itu orang tua juga harus fokus pada proses belajar anak-anaknya. Untuk memberikan pengertian pada anak, untuk berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Asah kecerdasan emosional

Mengasah kecerdasan emosi atau EQ juga sangat penting dari kecerdasan kognitif yang diukur dengan IQ. Kecerdasan emosional  akan sangat membantu perkembangan kemampuan kognitif dan sosial pada anak. Cara membantu anak batita (bawah tiga tahun) mengenali emosinya. Contohnya, saat ia bermain dan bertabrakan dengan anak lain , maka orang tua bisa mengatakan bahwa hal itu sebagai ketidaksengajaan. Mengajarkan hal ini akan bisa membantu anak merespons secara tepat dan menghindari rasa kesal berlebihan.

6. Mempelajari dan mengenal bahasa asing

Banyak sekali manfaat belajar bahasa asing atau mendidik anak menggunakan dua bahasa, antara lain adalah melatih kemampuan komunikasi lebih baik, serta mendorong perkembangan kognitif, kreativitas, matematika, dan sains. Selain itu ahli bahasa juga menyebutkan, anak yang belajar bahasa asing juga memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memecahkan masalah dan berpikir kreatif.

7. Menciptakan lingkungan yang kondusif

Proses pembelajaran anak sangat tergantung banyaknya stimulasi yang diterima. Semakin banyak stimulasi yang diterima anak-anak, maka perkembangan kepintaran dan kecerdasan anak bertambah optimal. Dan untuk memberikan stimulasi yang cukup, diperlukan juga suasana yang kondusif, seperti suasana yang menyenangkan dan tidak memaksa agar dengan cara ini membuat anak-anak merasa nyaman dan disayangi. Sehingga anak-anak menjadi lebih percaya diri saat belajar dan mengembangkan kepintarannya.

8. Mencukupi kebutuhan tidur anak

Waktu tidur yang cukup merupakan hal yang tak kalah penting agar anak menjadi pintar. Karena tidur dapat mempengaruhi daya ingat, kreativitas dan kemampuan menyelesaikan masalah. Selain itu anak yang kebutuhan tidurnya kurang akan sulit berkonsentrasi dalam menyerap informasi.

10. Kenalkan anak pada seni

Menurut seorang ahli, area otak yang dirangsang saat memainkan musik, mencakup area otak yang mengatur kemampuan membaca, matematika, penalaran yang berhubungan dengan ruang, dan pemecahan masalah. Seni lukis dan kerajinan tangan juga merupakan hal penting untuk mendukung proses pembelajaran yang menjadikan anak cerdas, karena banyak manfaatnya antara lain, merangsang kemampuan akademis dan mengingat, serta mendorong rasa percaya diri dan keterampilan untuk berpikir secara mandiri.

11. Berikan kesempatan bermain kreatif

Para orang tua bisa memberikan tempat yang bisa merangsang imajinasi anak untuk mengembangkan kreativitas secara alami. Banyak sekali bahan-bahan sederhana yang bisa menjadi pilihan, misalnya krayon, kotak kosong, atau balok susun.

Baca Juga:

Demikianlah tips yang para orang tua bisa lakukan untuk membuat anak menjadi pintar,cerdas dan kreatif sejak usia dini. Yang pasti peran kasih sayang, dorongan, dukungan dan semagat orang tua dan orang-orang disekelilingnya sangatlah penting untuk perkembangan kecerdasan otak anak. Semoga bermanfaat. [RD/Bs]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *