Contoh syair pendidikan,

Contoh Syair Pendidikan Terbaik tentang Kehidupan Beserta Maknanya

Diposting pada

Contoh syair pendidikan, CerdasPintar.com ~ Syair adalah hasil karya sastra dari Melayu kuno yang sudah sangat popular bagi kita semua. Sebenarnya sejarah awalnya syair berasal dari peradaban Arab yang masuk ke Melayu kuno. Namun seiring  berkembangnya zaman, syair mulai dirubah dan dikembangkan menjadi syair Melayu. Karena pengaruh dari tokoh  Pujangga terkenal hamzah Fanzuri.

Bagaimana Syair bisa merupakan satu puisi lama?  Yakni  dengan  dan dalam satu bait  meliliki 4 baris dalam satu bait, syairnya bersajak a-a-a-a, tapi juga ada jenis yang lain, yaitu syair yang memiliki 3 baris dalam satu baitnya bersajak a-a-b, dan juga syair yang memiliki 2 baris dalam satu bait yang bersajak a-b. Walau demikian kedua bentuk syair tersebut tidak terkenal. Syair yang terdiri 4 baris ini sangat mirip dengan pantun. Walau ada kemiripan namun sebenarnya karya sastra ini berbeda.

Adapun persamaan syair dan pantun meliputi  jumlah barisnya dalam satu bait, dan satu baris terdiri dari 8-12 suku kata. Perbedannya antara ciri-ciri pantun dan syair cukup jelas,kalau pantun bersajak a-b-a-b, dan syair memiliki sajak a-a-a-a. pada baris pertama dan kedua pantun dikenal dengan sebutan sampiran sedangkan baris ketiga dan keempat dinamakan isi, kalau syair tidak ada istilah sampiran, sebab semua baris daklam syair adalah isi. Sebab itu pantun hanya terdiri satu bait, dan sanfgat beda dengan syair yang bisa memiliki puluhan bait.

Klasifikasi syair berdasarkan segi penceritaannya dan dikategorikan dalam 2  jenis, yakni syair naratif dan syair non naratif. Dalam syair naratif memiliki bentuk penceritaan seperti cerita. Sedangkan syair non naratif bentuknya bukan cerita, namun berisi nasihat atau pengajaran. Macam syair yang masuk kategori ini adalah syair agama dan syair yang memilikibtema lain

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, syair non-naratif mencakup syair dengan tema lain selain cerita dan nasihat agama. Salah satu syair yang masuk dalam syair non-naratif adalah syair pendidikan. Sama dengan namanya, syair ini berisikan kandungan pesan tentang pendidikan. Baik dalam sistem pengajaran, kualitas pendidik dan siswa, serta hal hal lain yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Contoh Syair Pendidikan Terbaik tentang Kehidupan Beserta Maknanya

Berikut adalah contoh syair terbaik Pendidikan dan Kehidupan beserta maknanya. Dari yang bersajak a-a-a-a dan a-b-a-b

1. Contoh Syair Pendidikan beserta Maknanya

  • Contoh syair

Wahai para pemuda
Sambutlah masa depan anda
Belajarlah sepanjang masa
Sebagai bekal waktu tua

Ilmu dunia jangan lupa ahiratnya
Agar selamat kehidupannya
Cemerlang  akan  senantiasa
Menyinari dirimu di masa dewasa

  • Makna syair:

Syair ini hanya mempunyai 2 bait yang masing-masing terdiri dari 4 baris dan bersajak a-a-a-a. Dan hampir mirip dengan ciri-ciri pantun, dan bedanya dengan syair sangat jelas. Dilihat dari contoh 1,  baris 1,2  pada syair tidak berfungsi sampiran. Semua baris berfungsi isi.

Syair pendidikan secara umum berisi pesan untuk pemuda /pelajar, tentang belajar itu penting. Pada bait pertama pengarang memberi nasihat agar tidak malas belajar dan lebih semangat menuntut ilmu. Lalu bait 2  dijelaskan manfaat ilmu kehidupan dan ahirat.

2. Contoh Syair Pendidikan dan kehidupan beserta Maknanya

  • Contoh syair:

Inilah syair tentang pendidikan,
Jangan membaca saat hati panas
Sebagai pengingat di masa depan
kunci berhasil adalah kerja keras

Sekarang dunia sudah maju
Jangan sampai kita ditipu
Kualitas rendah dibanding yang lalu
Tak pernah bergerak pada waktu itu

Pendidikan adalah pilar
Modal menjadi bangsa  besar
Supaya masalah cepat kelar
Dan negara kita menjadi besar

  • Makna syair

Syair diatas terdiri dari tiga bait, yang masing-masing terdiri dari empat baris, dan bait pertama bersajak a-b-a-b, sedangkan bait ke dua dan tiga bersajak a-a-a-a. disini ketiga bait tersebut tidak berisi lampiran tetapi semua mengandung isi, bait yang pertama berisi tentang motivasi belajar bagi para pemuda, untuk mencapai kesuksesan diperlukan semangat dan kerja keras. sedangkan pada bait yang kedua berisi tentang larangan berputus asa meskipun pengalaman tahun tahun yang lalu kurang menyenangkan, biarlah yeng lalu untuk pelajaran di masa depan.

Pada bait ketiga menjelaskan bahwa hanya dengan pendidikan, kecerdasan dan semanagt kerja keraslah modsl dasar dalam mencapai kesuksesan. Dalam negara dan bangsa yang maju memang diperlukan sumberdaya insan yang cerdas dan bermartabat agar negara kita tercinta tidak hanya berkisar pada masalah-masalah sepele yang tidak ada ujung pangkalnya.

Baca juga:

Demikian beberapa contoh  syair pendidikan terbaik tentang kehidupan beserta maknanya, yang bisa menjadi motivasi dan tambahan  ilmu bagi  para remaja sekalian,yang diharapkan bisa mendorong proses pembelajaran yang menyenangkan,  lebih bermanfaat, dan positif. [wn/bs]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *