organ gerak manusia

Soal Organ Gerak Manusia dan Hewan Kelas 5 lengkap Pembahasannya

Diposting pada

Soal organ gerak hewan dan manusia, CerdasPintar.com ~ Materi pembelajaran Tema 1 Kelas 5 SD diantaranya membahas tentang organ gerak. Apakah bergerak itu? Bergerak artinya berpindah posisi dari suatu tempat/kedudukan semula ke tempat/kedudukan yang lain.

Bergerak / berpindah tempat merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Untuk dapat bergerak, makhluk hidup mempunyai organ gerak yang dapat mendukung pergerakannya.  Makhluk hidup yang dimaksud adalah manusia,  hewan, dan tumbuhan. Namun  yang akan kita bahas di sini adalah organ gerak yang berkaitan dengan manusia dan hewan. Nah, apakah sobat CerdasPintar.com sudah siap untuk mengikuti soal beserta pembahasannya? Mari kita ikuti bersama!

A. Organ Gerak Hewan

1. Contoh soal yang berkaitan dengan organ gerak hewan

  1. Organ gerak aktif pada hewan vertebrata adalah … .
  2. Organ gerak pasif pada hewan vertebrata berupa … .
  3. Organ gerak pada ikan berupa …. .
  4. Apakah organ gerak pada katak?
  5. Bagaimana ular dapat bergerak?

2. Jawaban beserta pembahasan soal yang berkaitan dengan organ gerak hewan

  1. Organ gerak aktif pada hewan vertebrata adalah otot.
    Otot disebut alat gerak aktif karenasebab otot mempunyai senyawa kimia yaitu protein aktin dan myosin yang bergabung menjadi satu membentuk aktomiosin. Aktomiosin inilah yang menyebabkan otot dapat bergerak. Saat otot yang menempel pada tulang bergerak, maka secara otomatis tulang juga akan bergerak.
  2. Organ gerak pasif pada hewan vertebrata adalah tulang.
    Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat melakukan pergerakkan sendiri tanpa adanya alat gerak otot yang menempel pada tulang. Meskipun merupakan alat gerak pasif namun tulang mempunyai peranan yang penting dalam sistem gerak hewan.
  3. Organ gerak pada ikan berupa sirip dan ekor.
    Fungsi sirip dan ekor pada umumnya adalah untuk membantu ikan berenang. Sirip ikan terletak pada berbagai tempat dan berfungsi, seperti gerak maju, berputar, ataupun untuk  mempertahankan posisi tegak. Ikan berenang dengan mengerahkan kekuatan terhadap air di sekitarnya, yakni meliuk-liukkan rangka tubuhnya menyebabkan otot-otot di kedua sisi tubuh ikan berkontraksi menghasilkan gelombang lenturan yang berjalan di sepanjang tubuh ikan dari hidung sampai ke ekor. Vektor gaya yang bekerja pada air dengan gerakan lateral menghasilkan gaya yang dapat mendorong ikan ke depan.
  4. Organ gerak pada katak adalah tungkai kaki.
    Katak memiliki tungkai belakang yang jauh lebih besar daripada tungkai depan. Fungsi tungkai belakang katak adalah untuk melompat, sehingga strukturnya lebih kukuh. Sedangkan tungkai depan sebagai penahan tubuh saat mendarat.
    Katak memiliki tulang belakang yang panjang dan otot yang kuat, oleh sebab itu katak dapat melompat dengan tinggi. Di samping itu, katak juga mempunyai selaput renang yang memberikan tekanan kuat saat katak berada di dalam air, sehingga katak dapat bergerak.
  5. Ular dapat bergerak menggunakan rangka tubuhnya.
    Gerakan terjadi pada saat rangka tubuh meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini disebut dengan lokomosi berkelok-kelok. Pada saat bagian samping tubuh ular bertumpu di bagian permukaan yang tidak rata dan ayunan gelombang sampai ke belakang, maka ular akan meluncur ke depan dengan sisik licin yang menutupi perutnya.

B. Organ Gerak Manusia

1. Contoh soal yang berkaitan dengan organ gerak manusia

  1. Jelaskan tentang organ gerak pada manusia!
  2. Sebutkan 3 jenis otot pada manusia!
  3. Bedakan tentang kelainan tulang kifosis dan lordosis!
  4. Jelaskan 3 kelainan/gangguan pada otot manusia!
  5. Jelaskan tentang fungsi rangka!
  6. Bagaimana cara memelihara kesehatan organ gerak pada manusia?
  7. Sendi apakah yang membentuk hubungan tulang pada gambar tersebut?organ gerak manusia 2
  8. Organ apakah yang dilindungi oleh tulang pada gambar berikut?organ gerak manusia 1

2. Jawaban beserta pembahasan soal yang berkaitan dengan organ gerak manusia

  1. Organ gerak pada manusia berupa organ gerak aktif yang berupa otot dan organ gerak pasif berupa tulang.
  2. Jenis otot pada manusia dibedakan menjadi 3 yakni otot polos, otot jantung dan otot lurik.
    – Sel otot polos berbentuk gelendong dan mempunyai satu inti sel di tengah. Otot polos berkontraksi dengan perlahan dan berirama.
    – Sel otot jantung mempunyai garis-garis terang dan gelap yang disebut lurik. Susunan serat protein yang ada di dalam sel menyebabkan pita terang dan gelap ini. Sel otot jantung berbentuk silindris memanjang, dengan satu inti sel yang berada di tengah.
    -Sel otot lurik sama dengan sel otot jantung yaitu mempunyai lurik, tetapi, sel otot lurik berbentuk silindris bercabang dan memiliki inti sel banyak di setiap seratnya.
  3. Kifosis adalah kelainan yang disebabkan tulang belakang bengkok ke depan sehingga tubuh tampak bungkuk, sedangkan tulang belakang pada penderita lordosis bengkok ke belakang sehingga kepala tertarik ke belakang.
  4. Kelainan/gangguan pada otot manusia diantaranya adalah:
    -Artrofi adalah gejala mengecilnya otot sehingga menghilangkan kemampuan kontraksi otot
    – Hipertrofi adalah gejala membesarnya otot sehingga menyebabkan peningkatan volume organ/jaringan
    – Stiff (kaku leher) adalah gangguan pada leher yang menyebabkan leher terasa kaku dan sakit saat digerakkan.

3. Jawaban beserta pembahasan soal yang berkaitan dengan organ gerak manusia

5. Fungsi rangka diantaranya adalah:
– Memberikan bentuk tubuh dan menegakkan tubuh
– Tempat melekatnya otot/tendon
– Melindungi organ-organ dalam tubuh
– Tempat menghasilkan sel darah merah
– Tempat pembentukan sumsum kuning

6. Cara memelihara kesehatan organ gerak pada manusia adalah:
– Makan makanan yang bergizi
– Berolah raga secara teratur
– Istirahat yang cukup
– Membiasakan diri tegak dan lurus pada saat berdiri maupun duduk

7. Sendi yang membentuk hubungan tulang pada gambar tersebut adalah sendi peluru. Sendi peluru adalah sendi yang bisa digerakkan  ke segala arah. Bentuknya mirip dengan bola dan tulang seperti mangkuk. Contoh: hubungan antara tulang lengan atas dengan gelang bahu dan hubungan antara tulang paha dengan gelang panggul.

8. Organ yang dilindungi oleh tulang rusuk adalah paru-paru dan jantung. Tulang rusuk berpasangan di sisi kiri dan kanan dengan pasangan yang sama persis. Sebagian besar orang memiliki 12 pasang tulang rusuk, namun demikian beberapa orang tertentu dilahirkan dengan tulang rusuk yang lebih banyak atau ada juga yang kurang satu pasang.

Bagaimana sobat CerdasPintar.com, apakah sobat merasa soal-soal beserta pembahasannya pada tulisan ini dapat menjadi bahan referensi untuk mempelajari organ gerak manusia dan hewan? Saya rasa pembahasan yang cukup singkat namun jelas dan gamblang akan dapat mengisi waktu belajar sobat CerdasPintar.com.

Baca juga:

Nah, sobat CerdasPintar.com sudah dapat menyimpulkan materi organ gerak manusia bukan? Berdasarkan uraian-uraian tersebut di atas, saya yakin kalian semua sudah mendapatkan pengetahuan tentang organ gerak manusia dan hewan. Jika dirasa uraian di atas masih banyak kekurangan, saya siap menerima saran dan kritik dari sobat CerdasPintar.com. Semoga bermanfaat! [HT/BS]

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *